Laptop Touchscreen Lenovo Ideapad Flex 5 VS Lenovo Yoga 71

Battle Dua Laptop Ghoib Serbabisa

Laptop touchscreen Lenovo Ideapad Flex 5 ini sama ghaib-nya dengan Ideapad Gaming karena bisa dibilang ini versi murahnya Lenovo Yoga series. Laptop ini sudah convertible 2 in 1, include digital pen, tetapi harganya lebih murah dari seri yoga.

Dari segi prosesor, RAM, dan storage, kedua laptop ini sama persis. Tetapi, bukan berarti semua fiturnya sama juga, karena Ideapad segmennya mainstream sedangkan Yoga kelasnya premium.

Langsung saja kita review kedua laptop ini side by side ya.

1.     Digital Pen

Kedua laptop ini sama-sama mendapatkan digital pen generasi kedua dengan 496 pressure sensitivity. Tetapi, saat unboxing kelihatan bahwa digital pen pada seri Ideapad Flex 5 hanya dibungkus bubble wrap sementara pada seri Yoga 7i dibungkus dengan box terpisah.

2.     Material

Bagian atas atau punggung Ideapad Flex 5 memang sudah menggunakan material aluminium, tetapi sisanya menggunakan perpaduan plastik polikarbonat dan plastik ABS. Sedangkan pada Yoga 7i materialnya menggunakan metal sandblasted dan anodize metal yang terasa lebih solid ketika dipegang tetapi bisa lebih ringan.

Bobotnya sendiri untuk Ideapad Flex 5 adalah 1.5 kg dan Yoga 7i 1.43 kg. Memang tidak selisih banyak, tetapi ketika dipegang perbedaannya lebih kentara.

3.     Audio

Jika pada Yoga 7i audionya sudah by Dolby sementara Ideapad Flex 5 belum sebaik Yoga7i.

4.     Desain

Desain keduanya sangat mirip kecuali bagian belakangnya, Ideapad Flex 5 logonya Lenovo di pojok sedangkan Yoga 7i ada kesan “mahal” dengan ada tulisan Yoga yang di emboss laser. Tetapi area dalamnya semua sama dari segi desain, termasuk letak speakernya juga sama meskipun kualitas audio-nya berbeda.

5.     Keyboard

Layout keyboard keduanya sama, tetapi untuk Yoga 7i feel-nya lebih solid meskipun masih kurang dibandingkan seri Thinkpad. Tetapi untuk backlit di keduanya sama-sama ada dengan 3 adjustment brightness. Fingerprint dan webcam private shutter juga ada.

6.     Layar

Layar Ideapad Flex 5 sudah IPS dengan 250 nits resolusi full HD dengan 60% sRGB. Memang tidak seluas Yoga yang ada hingga 300 bahkan 400 nits, dan untuk NTSC nya sudah 72% atau setara 100% sRGB.

7.     Upgradability

Tidak ada komponen yang bisa di upgrade pada Ideapad Flex 5 karena RAM nya on board 8 GB dual channel DDR4 3200 MHz. Untuk storage juga hanya ada satu slot bawaan yang sudah diisi 512 GB SSD, jika ingin di-upgrade hanya bisa diganti dengan yang lebih besar, tidak bisa ditambah dual storage karena tidak disediakan SATA.

8.     Baterai

Keuntungan tidak ada port SATA, Lenovo Ideapad Flex 5 ini jadi bisa menempatkan baterai yang lebih besar sehingga ketahanannya lebih lama. Dengan kapasitas 52.5 Wh, sangat awet dan bisa di-charge cepat dengan Lenovo Vintage Rapid Charge-nya.

Video playback 1080p brightness 50% volume 20% WiFi off bisa bertahan sekitar 10 jam 30 menit. Sedangkan untuk browsing WiFi on dan settingan sama, bisa bertahan 8 jam 10 menit.

Belum seawet Yoga karena kapasitas baterainya sudah 71 Wh dan bisa bertahan 16 jam dengan settingan yang sama WiFi off.

9.     Konektivitas

WiFi-nya sudah pakai WiFi 6 begitu juga dengan Bluetooth versi 5. Untuk port-nya lengkap, di bagian kanan ada 2 buah USB 3.2 gen 1 type A, slot SD card, dan tombol power yang memisah seperti Yoga 7i juga terpisah di bagian kanan. Di bagian kiri, ada input power, HDMI, USB type C yang bisa menjadi power delivery serta audio jack combo.